MENGAPA ORANG PERCAYA CERITA KHURAFAT


Asal muasal khurafat dijelaskan oleh Ibnu Mandzhur rahimahullah beliau berkata, 

والخرافة الحديث الـمستملح من الكذب وقالوا حديث خرافة
"Khurafat adalah cerita yang dibumbui dengan kedustaan dan kemudian tersebarlah di lisan-lisan manusia, "Ceritanya khurafat."

Ibnul Kalbi menyebutkan tentang perkataan sebagian orang, "Ceritanya khurafat", bahwa khurafat sebetulnya nama seeorang dari Bani Udzrah atau Bani Juhainah.. 

Orang ini mengaku pernah diculik jin tetapi kemudian ia dapat kembali ke kampungnya, lalu ia banyak bercerita tentang pengalamannya itu sampai-sampai membuat banyak orang takjub bukan kepalang. Namun tidak ada seorangpun yang mempercayainya. Dari kejadian itu menjadi populer di kalangan masyarakat, "Ceritanya khurafat"." 

📚 Lisanul Arab (9/65)

Ringkasnya, khurafat adalah cerita yang dibumbui kebohongan yang membikin orang terheran-heran.

Di antara cerita-cerita khurafat yang banyak digandrungi masyarakat seperti cerita kuburan wali Fulan mengeluarkan cahaya atau mengaku bertemu langsung dengan roh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, mengaku bertemu dengan Nabi Khadhir, mengaku bertemu dengan roh orang saleh, atau cerita-cerita pengalaman spiritual berbau mistik lainnya yang sering dilabeli karamah. 

Pertanyaannya mengapa banyak orang begitu mudah percaya dengan cerita-cerita khurafat?

Para ulama menyebutkan penyebabnya tiada lain karena lemahnya ilmu, tersebarnya kejahilan, jauhnya masyarakat dari akidah tauhid, sedikitnya orang yang memberi nasihat karena Allah lantaran tamak harta, kedudukan dan popularitas. #manhajulhaq

Barakallah fikum.

✒ Ditulis oleh, Ustadz. Fikri Abul Hasan

Tidak ada komentar: